MENYAMBUT NISFU SYA’BAN

04-04-21 Jurnalistik Santriwati 0 comment

 

RIAB- Sya’ban merupakan bulan sebelum Ramadhan yang memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah malam Nisfu Sya’ban yang jatuh pada pertengahan bulan Sya’ban (28/03/2021). Dalam menghidupkan Nisfu Sya’ban, Departemen Ubudiyah melaksankan kegiatan yang bertajuk Nisfu Sya’ban. Diantaranya, shalat tasbih yang telah terlaksana pada malam Minggu (28/03/2021) dan dihadiri oleh seluruh santriwan dan santriwati Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa serta dibantu oleh beberapa asatiz/asatizah Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa.

Menurut Ustadz Razi Al-Khawarizmi selaku pemateri mengatakan, shalat tasbih tak hanya dilakukan pada malam nisfu sya’ban tetapi juga bisa dilaksanakan kapan saja. Adapun tujuan dari pelaksanaan shalat tasbih ini ialah guna mendekatkan diri kepada Allah, upaya membersihkan diri dari dosa dan memperoleh pengampunan tak terhingga.

Tidak hanya shalat tasbih, Departemen Ubudiah juga mengadakan Iftar Jama’i pada Senin (29/03/2021). Program ini mewajibkan seluruh santriwan dan santriwati Dayah Ruhul Islam Anak Bangsa untuk berpuasa demi menyukseskan acara tersebut.

“Nabi SAW bersabda, apabila tiba malam Nisfu Syaban maka sholatlah pada malam harinya dan berpuasalah pada siang harinya, karena rahmat Allah SWT akan turun ke langit dunia pada saat tersebut sejak terbenam matahari dan Allah SWT berfirman, ‘Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rizki, maka akan kuberikan rizki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, adakah sedemikian, hingga terbit fajar.” (HR Imam Ibn Majah).

Awalnya, Iftar Jama’i akan dilaksanakan di Lapangan Utama, akan tetapi dikarenakan hujan deras, maka acara ini dialihkan area ke masjid atau mushalla. Ustadzah Cut Rahmah Rizki selaku koordinator osismada menyampaikan beberapa petuah terkait Nisfu Sya’ban yang menjadi akhir penutupan acara ini.



Leave a reply